Rabu, 23 Januari 2013

karya ilmiah



index.jpgKARYA ILMIAH GEOGRAFI
“Manfaat Dan Pelestarian Hutan”




Disusun oleh :
Nama Kelompok;
1.Ayu Faizah
2.Nur Utami
3.Megasari Dwi Diyanti
4.Nurul qomariyah
5.Yan ratih K.S.D





SMAN JOGOROTO-JOMBANG
TAPEL 2012-2013
Kata Pengantar

Puji syukur kami ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas Karya Ilmiah Geografi  InI. Tidak lupa juga kami capkan terima kasih kepada guru Geografi yaitu Ibu Sunarti S.Pd. yang telah membimbing kami agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya ilmiah Ini.
Karya Ilmiah Ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Manfaat Hutan dan Pelestariannya”, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh kami dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya Karya Ilmiah  ini dapat terselesaikan.
semoga Karya Ilmiah kami Dapat bermanfaat bagi Para pembaca, Khususnya pada diri kami sendiri dan semua yang membaca Karya Tulis kami ini, Dan  Mudah mudahan Juga  dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca . Walaupun Karya Ilmiah ini memiliki kelebihan dan kekurangan.Kami mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.


Jogoroto,September 2012

Penulis

1
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………………………………
B. Identifikasi Masalah……………………………………………
C. Tujuan…………………………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
A. Manfaat hutan……………………………………………
B. usaha pelestarian hutan.................................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………
B. Saran……………………………………………………………
                                                                                                                                         













                                                                                                                                                2
BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki nilaiekonomi, ekologi dan sosial yang tinggi, Hutan alam tropika juga berfungsisebagai paru-paru dunia dan sistem penyangga kehidupan sehingga kelatarianharus dijaga dan dipertahankan dengan pembangunan hutan yang tepat.Kondisi hutan, dilihat dari penutupan lahan / vegatasi, mengalami perubahanyang cepat dan dinamis, sesuai perkembangan pembangunan dan perjalananwaktu, banyak faktor yang mengakibatkan perubahan tersebut antarlain perubahan penduduk, dan diluar sektor kehutanan yang sangat pesat memberikan pengaruh besar terhadap meningkatnya kebutuhan akan lahan dan produk- produk dari hutan serta ketidakjelasan institusi pengelola kawasan hutantersebut, kondisi demikian diperparah dengan adanya perambahan hutan danterjadinya kebakaran hutan yang mengakibatkan semakin luasnya kerusakanhutan alam tropika di Indonesia









                                                                                    3
B.  Identifikasi Masalah
Adapun perumusan masalah yakni sebagai berikut :
1.    Apa manfaat hutan untuk :
a.   Mencegah banjir
b.   Mencegah polusi udara
c.   Kesejahteraan rakyat
d.   Paru –paru dunia, dan
e.   Fungsi  hidrologis                                                  
2.   Bagaimana usaha melestarikan hutan.

C.  Tujuan
Ø Untuk mengetahui manfaat hutan dari berbagai aspek.
Ø Untuk mengetahui berbagai usaha yang dapat dilakukan untuk pelestarian hutan.









                                                       4
BAB II PEMBAHASAN

A. Manfaat hutan
Hutan memiliki banyak manfaat untuk kita semua. Hutan merupakan paru-paru dunia (planet bumi) sehingga perlu kita jaga karena jika tidak maka hanya akan membawa dampak yang buruk bagi kita di masa kini dan masa yang akan datang.

                              i.        Manfaat hutan untuk mencegah banjir:
·        Dapat menampung air hujan di dalam tanah
·        Mencegah intrusi air laut yang asin
·        Menjadi pengatur tata air tanah
·        Struktur akar tanaman mampu menyerap kelebihan air apabila turun hujan sehingga tidak mengalir sia-sia melainkan dapat diserap tanah.
                            ii.        Manfaat hutan untuk mencegah polusi udara:
·        sebagai penghasil oksigen.
·        sebagai pengatur iklim
                           iii.        Manfaat hutan untuk kesejahteraan rakyat:
·        Hasil hutan dapat dijual langsung atau diolah menjadi berbagai barang yang bernilai tinggi.
·         Membuka lapangan pekerjaan bagi pembalak hutan legal.
·         Menyumbang devisa negara dari hasil penjualan produk hasil hutan ke luar negeri.



5
                           iv.        Manfaat hutan untuk paru-paru dunia:
·        Penebangan pohon membuat udara terasa panas karena karbondioksida terserap oleh tumbuhan. Lalu,terjadilah perubahan iklim. Hutan membantu bumi mengurangi poluta-polutan yang dapat merusak kesehatan sehingga udara menjadi bersih dan jumlah oksigen pun melimpah. Itulah sebabnya hutan disebut sebagai paru-paru dunia.

                     v.      Manfaat hutan untuk fungsi hidrologis:
·        Dapat menampung air hujan di dalam tanah
·         Mencegah intrusi air laut yang asin
·         Menjadi pengatur tata air tanah
B. Usaha pelestarian hutan
Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Hutan juga merupakan penyeimbang alam dan paru-paru dunia. Saat ini jumlah hutan di dunia semakin berkurang. Manusia terus mengambil sumber daya yang ada dalam hutan. Bila hal ini dibiarkan terus maka hutan di dunai akan habis. Apa yang akan terjadi bila hutan habis? Bumi akan semakin panas dan tidak akan seimbang lagi.
Manusia pun juga tidak bisa mendapatkan kayu dan lainnya lagi untuk kebutuhannya. Untuk itu menjaga hutan agar tetap lestari harus dilakukan.
Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian hutan. Beberapa kawasan hutan ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung, cagar alam dan suaka margasatwa. Jika hutan sudah ditetapkan menjadi hutan lindung, pohonnya tidak boleh ditebang.
6
Cara lain untuk melestarikan hutan adalah sebagai berikut:
·         Tebang pilih
Tebang pilih dilakukan dengan memilih tanaman yang akan ditebang. Dipilih yang sudah tua. Penebangannya juga harus diberi jarak. Tidak satu lokasi ditebang semua.
·         Tebang tanam
Tebang tanam artinya setelah dilakukan penebangan pohon di hutan selalu diiringi dengan penanaman pohon baru. Dengan demikian kelestarian hutan tetap terjaga.
·         Mencegah penebangan liar
Penebangan liar sering dikenal dengan istilah illegal logging. Saat ini kasus penebangan liar semakin parah. Hutan-hutan di negara kita semakin menyempit. Untuk itu pengawasan harus dilakukan secara ketat. Pelaku penebangan liar juga harus dihukum karena telah merugikan negara.
·         Melakukan penghijauan
Penghijauan atau reboisasi merupakan upaya penanaman kembali hutan yang sudah gundul. Reboisasi sangat penting untuk mencegah kerusakan hutan dan
bencana banjir dan tanah longsor.
·         Mencegah cara ladang berpindah / Perladangan Berpindah-pindah
Terkadang para petani tidak mau pusing mengenai kesuburan tanah. Mereka akan mencari lahan pertanian baru ketika tanah yang ditanami sudah tidak subur lagi tanpa adanya tanggung jawab membiarkan ladang terbengkalai dan tandus. Sebaiknya lahan pertanian dibuat menetap dengan menggunakan pupuk untuk menyuburkan tanah yang sudah tidak produktif lagi


7
·        .Waspada-Waspadalah & Hati-Hati Terhadap Api
Hindari membakar sampah, membuang puntung rokok, membuat api unggun, membakar semak, membuang obor, dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan kebakaran hutan. Jika menyalakan api di dekat atau di dalam hutan harus diawasi dan dipantau agar tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk. Kebakaran hutan dapat mengganggu kesehatan manusia dan hewan di sekitar lokasi kebakaran dan juga tempat yang jauh sekalipun jika asap terbawa angin kencang.
·        Menempatkan Penjaga Hutan / Polisi Kehutanan / Jagawana
Dengan menempatkan satuan pengaman hutan yang jujur dan menggunakan teknologi dan persenjataan lengkap diharapkan mempu menekan maraknya aksi pengrusakan hutan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bagi para pelaku kejahatan hutan diberikan sangsi yang tegas dan dihukum seberat-beratnya. Hutan adalah aset / harta suatu bangsa yang sangat berharga yang harus dipertahankan keberadaannya demi anak cucu di masa yang akan datang.








8
BAB III PENUTUP
A.  Kesimpulan
Dari karya ilmiah diatas dapat disimpulkan bahwa :
·        Manfaat hutan bagi kehidupan sangat banyak
·        Upaya/usaha pelestarian hutan sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup.

B.   Saran
·        Usia kita masih remaja, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan hutan dan bumi kita.
·        Menyelamatkan hutan dan bumi tidak harus memberantas penebang liar, tetapi mulia dari hal kecil seperti menjaga kelestarian hutan, menggunakan air dan hasil alam secukupnya, dan ikut menanam pohon dilingkungan kita. Kita juga dapat bersepeda ke sekolah, untuk mengurangi emisi pada atmosfer bumi.
·        Mulailah semua dari diri kita sendiri.






9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar